Sabtu, 31 Maret 2012

Jawaban Tugas Pendahuluan Modul 1 Anthropometri


PERTANYAAN

1.     Terangkan definisi dari Ergonomi yang saudara ketahui?
2.     Apakah suatu lingkungan kerja dan produk harus selalu bersifat ergonomis?
3.     Apa yang dimaksud dengan Anthropometri?
4.     Apa yang harus diperhatikan dalam merancang produk atau lingkungan kerja berbasiskan anthropometri?
5.     Apa yang dimaksud dengan data anthropometri?
6.     Jelaskan yang dimaksud dengan toleransi disertai fungsinya?
7.     Mengapa dalam perancangan anthropometri bergantung pada ukuran tubuh manusia?
8.      Dalam merancang sistem kerja yang baik, sistem tersebut harus dapat dilaksanakan degan efektif, efisien, aman dan nyaman. Apa yang dimaksud dengan hal tersebut?
9.     Bagaimana jika dalam suatu perancangan produk dan lingkungan kerja tidak menggunakan allowance?
10.                        Apa yang saudara ketahui tentang Human Center Design?


JAWABAN PERTANYAAN

1.     Ergonomi adalah suatu cabang ilmu yang sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja yang lebih baik.

2.     Ya, suatu lingkungan kerja dan poduk harus selalu bersifat ergonomis agar dapat menambah keefektifan dalam menggunakan objek fisik dan fasilitas-fasilitas yang digunakan oleh manusia dengan merawat atau menambah nilai tertentu yang layak pada proses tersebut.


3.     Anthropometri adalah pengukuran secara otomatis terhadap dimensi-dimensi tubuh manusia dengan menggunakan peralatan-peralatan khusus.


4.     Yang harus diperhatikan dalam merancang produk atau lingkungan kerja berbasiskan anthropometri ialah allowance, toleransi, anthropometri statis, anthropometri dinamis.

5.     Data anthropometri ialah data yang diambil sesuai dengan hasil pengukuran terhadap dimensi-dimensi tubuh manusia.

6.     Toleransi ialah suatu nilai yang diberikan untuk menambah kenyamanan pemakaian sistem kerja tersebut. Toleransi perlu diberikan mengingat bahwa data-data anthropometri yang diperoleh merupakan data dimensi tubuh srtuktural, sedangkan dalam pemakaian sistem kerja yang sebenarnya diengaruhi oleh dimensi tubuh fungsional.

7.     Karena dalam perancangan produk anthropometri berhubungan dengan dimensi setiap bagian tubuh manusia agar produk tersebut dapat membuat manusia merasa nyaman menggunakannya.

8.     Maksud dari  hal tersebut adalah jika kita merancang suatu sistem kerja, maka sistem kerja tersebut harus dirancang  dengan kondisi efektif, efisien, aman dan nyaman yang sesuai dengan konsep Ergonomi.

9.     Jika dalam suatu perancangan produk dan lingkungan kerja tidak menggunakan allowance maka rancangan produk tersebut tidak menimbulkan sistem kerja kerja yang efisien, efektif, aman dan nyaman.

10.                        Human Center Design adalah prinsip dimana manusia sebagai pusat dari perancangan produk atau lingkungan kerja.    





Tidak ada komentar:

Posting Komentar